Fitur Terbaru Dari Android 7.0 Nougat

Fitur Terbaru Dari Android 7.0 Nougat | Warkopandroid - Akhirnya Google mengumumkan nama resmi dari Anrdoid N, yaitu Android Nougat. Versi terakhir sistem operasi Android ini, kabarnya akan mulai dirilis pada beberapa bulan mendatang, tepatnya di akhir tahun 2016.

Nama Android Nougat sendiri, didapatkan usai sebelumnya Google meminta masukan pada masyarakat perihal pemilihan nama untuk sistem operasi penerus Marshmallow ini. Peresmian nama Android N sebagai Android Nougat, diumukan melalui akun sosial media Twitter dan juga Snapchat dari Google, Jumat (1/7).

Fitur Terbaru Dari Android 7.0 Nougat

Nama versi Android terbaru Nougat ini juga di ambil dari nama makanan, yaitu permen kacang populer yang berasal dari Eropa tepatnya dari Perancis. Android N pertama kali ditampilkan oleh Google pada bulan Maret lalu melalui preview pengembang. Kemudian dalam versi yang akan datang, Google telah memperkenalkan dukungan untuk beberapa aplikasi pada jendela yang sama.

Android 7.0 Nougat ini juga akan memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi dalam mode split-screen pada perangkat Nexus. Selain itu juga dapat mengukur dan mengubah tampilan layar dari berbagai aplikasi secara otomatis, namun pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan sendiri dengan pengukuran baru. Pengguna sekarang dapat memiliki hingga sembilan toggles dalam satu layar dengan fitur Pengaturan Cepat di Android N.

Beberapa peningkatan pada fiturnya pun, terjadi pada versi Android Nouget ini. Diantaranya adalah fitur Multi-window, Direct Reply, dan berbagai fitur lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fitur-fitur Android Nouget terbaru.

Fitur Terbaru Dari Android 7.0 Nougat

Fitur Multi Window

Fitur yang pertama adalah fitur Multi Window, dimana para pengguna Android Nougat akan bisa menampilkan dua aplikasi yang dibuka secara bersamaan pada satu layar. Untuk menjalankan fitur ini, pengguna hanya tinggal menekan dan menahan aplikasi yang akan dijalankan. Setelah muncul prompt, tarik aplikasi tersebut ke atas layar. Dan lakukan langkah yang sama pada aplikasi lain yang ingin dibuka. Setelah selesai, kedua aplikasi tersebut akan tampil secara sejajar pada layar.

Namun perlu diketahui, kalau tidak semua aplikasi dapat menggunakan fitur ini. Jadi pengguna harus mencobanya sendiri melalui perangkat yang dimiliki.

Fitur Direct Reply

Fitur selanjutnya adalah Direct Reply, dimana dengan fitur ini pengguna Android Nougat dapat membalas sebuah pesan secara langsung melalui jendela notifikasi. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi messanger apapun yang mendukung Google API. Pada aplikasi tertentu, fitur ini bahkan bisa membuat pesan yang sudah masuk untuk tampil kembali beberapa saat kemudian atau, atau mengabaikannya untuk dibaca nanti.

Quick Settings Lebih Cerdas

Apabila versi Marshmallow menghadirkan Quick Settings, Android Nougat akan menghadirkan Quick Settings dinamis. Pengguna masih akan melihat ikon kecil yang menampilkan akses langsung ke fungsi-fungsi yang sering dipakai. Bedanya, dalam Android Nougat, pengguna bisa melakukan penyesuaian tentang  mana yang akan ditampilkan dalam menu.

Satu sentuhan terhadap aneka ikon ini akan menampilkan informasi di dalam kotak notifikasi. Sementara menekan dan menahan ikon ini, akan membawa Anda ke panel Settings untuk menampilkan fitur yang tersedia di dalamnya. Contohnya, jika penasaran dengan durasi daya yang tersisa pada baterainya, pengguna bisa menekan dan menahan ikon baterai untuk melihat daya baterai yang tersisa (dalam jam).

Panel Settings yang Informatif

Panel Settings pada Android Nougat Settings masih memiliki tampilan yang mirip dengan versi sebelumnya, yakni berupa daftar berbagai opsi yang bisa dipilih pengguna. Bedanya, kini panel ini dilengkapi dengan keterangan singkat di bawah setiap kategori yang dipilih. Misalnya, jika pengguna memilih menu wireless, akan ditampilkan banyaknya data dalam satuan gigabyte (GB) yang sudah dipakai.

Menu Recent Apps yang Memudahkan.

Dalam Android Nougat, kini tersedia tombol Clear All untuk menghapus daftar aplikasi yang diakses baru-baru ini secara cepat.  Selain itu, Android Nougat kini juga memungkinkan pengguna menge-tap dua kali tombol Recent apps untuk mengakses aplikasi terakhir yang dipakai.
Android Nougat juga membatasi banyaknya aplikasi yang ditampilkan dalam menu Recent apps. Aplikasi yang tidak diakses selama jangka waktu tertentu tidak akan ditampilkan dalam menu ini. Meskipun demikian, belum ada penjelasan resmi tentang durasi tidak diaksesnya sebuah aplikasi sehingga layak digolongkan menjadi “jangka waktu tertentu” ini.

Android Nougat performance

Google mengatakan Android Nougat akan memberikan kemajuan lompatan terbesar dalam grafis yang akan berguna untuk pengembang game pada kontrol GPU.

Doze Mode 2.0

Fitur Doze ini merupakan salah satu yang populer dari Android Marshmallow namun pada Android Nougat terdapat sedikit pembaruan. Doze mode 2.0 ini bertujuan untuk menghemat baterai, Doze mode akan bekerja ketika layar smartphone sedang tidak digunakan dan juga saat layar dimatikan.

Demikian Artikel Fitur Terbaru Dari Android 7.0 Nougat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan tetap berkungjung di Warkopandroid,
0 Komentar untuk "Fitur Terbaru Dari Android 7.0 Nougat"

Back To Top
close